Facebook kian meraksasa. Jumlah penggunanya dengan cepat segera
mendekati angka 1 miliar. Setelah mengajukan penawaran saham perdana
atau IPO (Initial Public Offering), Facebook semakin agresif. Raksasa
jejaring sosial ini kabarnya membidik pengguna internet China.
"China
adalah pasar potensial yang besar untuk Facebook. Ada lebih dari dua
miliar pengguna internet global dan kami ingin menghubungkan mereka
semua," tulis Facebook dalam dokumen pengajuan IPO-nya. Dilansir
USA China yang populasinya mencapai 1,3 miliar
serta reputasinya sebagai negara dengan pengguna internet terbanyak di
dunia memang patut menjadi lirikan perusahaan seperti Facebook.
"Apapun
yang terkait dengan konten online, terutama konten yang dihasilkan
pengguna, sangat tanguh di China," kata analis dari New America
Foundation, Rebecca MacKinnon. Namun akses Facebook dan situs
lain seperti Twitter, saat ini diblokir di China. Perlu upaya ekstra
dari Facebook untuk bisa menembus 'tembok' China yang dikenal dengan
sebutan Great Firewall karena sensornya yang ketat.
"Google berupaya menjalankan mesin pencarian di China namun akhirnya mereka menyerah," kata MacKinnon memberi contoh. Setelah
mengajukan IPO pekan lalu, Facebook perlu meningkatkan penjualan
iklannya di seluruh dunia. Dengan IPO ini sang raksasa jejaring sosial
berharap meraup USD 5 miliar.
Saat ini, pertumbuhan pendapatan
iklan Facebook justru sedang melambat seiring kian banyak pengawasan
dari para investor potensial. Berdasarkan perkiraan analis eMarketer,
periklanan Facebook tumbuh 104% pada 2011 dan akan tumbuh 52% menjadi
USD 5,8 miliar tahun ini dan 21% menjadi USD 7 miliar tahun depan.
0 comments:
Post a Comment
Hargailah orang lain agar orang lain menghargaimu. Silahkan Komentar dengan Baik dan Sopan.